Jakarta, (4/5) – PT Jasamarga Related Business (PT JMRB) Wilayah I (Jabodetabek) berhasil mendapatkan penghargaan kategori Layanan Rest Area Terinovatif di acara Apresiasi Tim Satgas Jasa Marga Siaga Hari Raya Idulfitri 1444H/2023. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi dari Tim Satgas Jasa Marga Siaga PT JMRB Wilayah I dalam memberikan layanan di masa arus mudik dan balik lebaran tahun ini, khususnya di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Kepala Wilayah I Jabodatabek PT JMRB Warih Dumadi mengatakan bahwa dalam menentukan strategi yang tepat pada periode arus balik dan mudik Lebaran tahun ini adalah dengan melakukan kolaborasi internal terutama pada unit kerja Operation & Maintenance Management Group Jasa Marga terkait prediksi lalu lintas puncak mudik dan balik. Proyeksi dan prediksi lalu lintas tersebut menjadi acuan dalam mengantisipasi serta melakukan penanganan lalu lintas di rest area dengan membuat rencana strategis dan inovasi dalam penanganan manajemen lalu lintas di rest area sesuai kondisi lokasi.
“Selain itu kami juga mengoptimalisasi akses masuk dan keluar yang dikelola dengan metode memperlancar antrean kendaraan dengan menempatkan petugas Pamtur (pengamanan dan pengaturan) lalin masuk rest area, manajemen lokasi parkir dan pengaturan akses keluar rest area, pemenuhan rambu kelengkapan didalam rest area, pemberian informasi melalui public address, buka tutup akses masuk rest area jika kondisi tempat parkir penuh, dan melakukan kordinasi dengan pihak rest area, PT JTT dan PT JMTO serta PJR dalam pelaksanaan pengaturan lalu lintas di rest area,” jelas Warih.
Warih juga menjelaskan kendala yang dihadapi PT JMRB Wilayah I selama masa pelayanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, yaitu dalam menyamakan persepsi dan tindakan saat pelaksanaan strategi. Untuk itu PT JMRB Wilayah I selalu melakukan koordinasi kepada pihak terkait dan menerima usulan serta perbaikan, menyampaikan sasaran secara obyektif, dan bekerja sama dengan berkomunikasi secara intens dengan pihak-pihak terkait.
“Ke depannya kami juga akan terus menghadirkan inovasi untuk menggali potensi peningkatan pelayanan karena PT JMRB terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan,” tutupnya. (@Marcomm)